Saturday, September 22, 2012

Jawaban Kelompok 3

       1.  Apa itu tanah ? dan adakah tanah selain di Bumi ? jelaskan ! 
Jawaban :

Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah menjadi wahana jelajah akar menyediakan air, udara dan unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan. Tanah merupakan rumah bagi jutaan mikroorganisme yang melakukan berbagai aktivitas biokimia, seperti pengikatan nitrogen dari udara sampai pelapukan bahan organik, juga merupakan tempat bagi mikro dan mesofauna – termasuk cacing tanah, semut dan rayap yang memakan akar tanaman, organisme lain dan bahan organik. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernafas dan tumbuh.

     2. Buatlah alur pembentuukan tanah! Berdasarkan alur pembentukan dan Unsur yang terdapat di   tanah, sebutkan fungsi tanah !   
Jawaban :

Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan bantuan organisme, membentuk tubuh unik yang menutupi batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai ''pedogenesis''. Proses yang unik ini membentuk tanah sebagai tubuh alam yang terdiri atas lapisan-lapisan atau disebut sebagai horizon tanah. Setiap horizon menceritakan mengenai asal dan proses-proses fisika, kimia, dan biologi yang telah dilalui tubuh tanah tersebut.

Hans Jenny (1899-1992), seorang pakar tanah asal Swiss yang bekerja di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa tanah terbentuk dari bahan induk yang telah mengalami modifikasi/pelapukan akibat dinamika faktor iklim, organisme (termasuk manusia), dan relief permukaan bumi (topografi) seiring dengan berjalannya waktu. Berdasarkan dinamika kelima faktor tersebut terbentuklah berbagai jenis tanah dan dapat dilakukan klasifikasi tanah.

Fungsi – fungsi dari tanah yang sangat berguna bagi kehidupan dibumi ini, khususnya bagi kehidupan manusia adalah :
  • Penyedia unsur hara dan air bagi makhluk hidup
  • Sebagai penopang bangunan maupun akar pohon
  • Sebagai tempat tinggal mikroorganisme maupun jasad renik
  • Sebagai lahan pengolahan bagi kelangsungan hidup manusia


        3. Sebutkan ciri-ciri dan contoh tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman yang baik? 
Jawaban :

1. Tanah humus adalah tanah yang berasal dari mikroorganisme yang telah mati dan membusuk di tanah. Tanah humus sangat subur dan banyak mengandung humus sehingga cocok untuk pertanian

2. Tanah vulkanik adalah tanah yang berasal dari muntahan gunung berapi yang meletus. Tanahnya sangat subur dan banyak mengandung unsur hara sehingga baik dan cocok untuk pertanian.

3. Tanah regosal adalah tanah yang berasal dari endapan abu vulkanis dari bahan dan unsur lumpur gunung berapi atau berasal dari endapan pasir disepanjang pantai. Tanah ini cocok untuk tanaman bakau, dan kelapa.

4. Tanah orgosal adalah tanah yang berasal dari proses pembusukan sisa tanaman yang berhabitat di rawa-rawa. Tanah ini cocok untuk perkebunan dan pertanian. Tanah ini termasuk jenis tanah gambut.

Ciri- Ciri tanah yang subur untuk pertanian yaitu : 
  • Tersedia garam mineral dan zat makanan bagi tumbuhan
  • Tersedianya air untuk melarutkan garam dan zat makanan bagi tumbuhan ataupun organisme.
  • Struktur tanah baik, susunan antar butir dengan butir tanah yang lain memiliki jarak yang menguntungkan bagi peredaran air dan udara.

         4. Apakah tanah sekitar pegunungan pasti merupakan tanah yang subur? jika YA berikan alasan, jika TIDAK berkan pula alasannya !
        Jawaban : 

Tidak semua, tergantung dari komposisi dari tanah tersebut. Contoh tanah vulkanik, tanah ini subur karena tanah ini terbentuk dari lapukan materi letusan gunung berapi yang subur mengandung zat hara yang tinggi. Jenis tanah vulkanik dapat dijumpai di sekitar lereng gunung berapi.
      5. Tanah merupakan sesuatu yang vital dalam keidupan . Ada peryataan bahwa pencemaran air dan udara dapat disebabkan oleh tanah , jelaskan !
       Jawaban : 

Tidak semua, karena pencemaran udara, air dan tanah disebabkan oleh pencemar yang berbeda-beda, walaupun akibat yang ditimbuklannya dapat saling berkaitan. 

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments:

Post a Comment